Tuesday, December 29, 2015

Pendaftaran Online POLBAN 2016/2017

Pendaftaran Online POLBANPendaftaran Online POLBAN 2016/2017

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLBAN, SPMB POLBAN, Informasi Pendaftaran Online POLBAN, Jalur Masuk POLBAN, Jalur PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, smb.polban.ac.id, 2016/2017


Itulah sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan informasi jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Disini admin akan menjelaskan informasi tersebut kepada anda. Namun akan dimulai dengan sedikit menceritakan tentang Kampus Politeknik Negeri Bandung (POLBAN).

Sekilas Tentang Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

Politeknik Negeri Bandung atau yang disingkat dengan POLBAN adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yaitu Politekniknik Negeri yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, tepanya di Jl. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Bandung Barat.

Pada mulanya, POLBAN bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung karena berada di bawah naungan Institut Teknologi  Bandung, namun sejak tahun 1999 menjadi Institusi tersendiri sehingga namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung (POLBAN).

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) telah didirikan sejak 24 April 1982 sebagai Politeknik ITB. Moto  yang dimiliki Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) yaitu Assuring Your Future. 

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) memiliki 36 program studi terbagi ke dalam dua bidang, yaitu Bidang Rekayasa dan Bidang Tata Niaga, berikut uraiannya.

Bidang Rekayasa terdiri dari 12 Program Ahli Madya, 12 Program Sarjana Sains Terapan dan 1 Magister Terapan. Berikut akan diuraikan bidang Rekayasa :
  • Program Ahli Madya (D-III) terdiri dari Teknik Konstruksi Gedung, Teknik Konstruksi Sipil, Teknik Mesin, Aeronautika, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Energi, Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Analisis Kimia, Teknik Informatika.
  • Program Sarjana Sains Terapan (D-IV) terdiri dari Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin, Proses Manufaktur, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik, Teknologi Konservasi Energi, Teknik Elektronika, Teknik Otomasi Industri, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia Produksi Bersih, dan Teknik Informatika.
  • Program Magister Terapan terdiri dari Magister Terapan Rekayasa Infrastruktur.
Bidang Tata Niaga terdiri dari 6 Program Ahli Madya dan 6 Program Sarjana Sains Terapan.
  • Program Ahli Madya (D-III) terdiri dari Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Administrasi Bisnis, Usaha Perjalanan Wisata, Manajemen Pemasaran, dan Bahasa Inggris.
  • Program Sarjana Sains Terapan (D-IV) terdir dari Akuntansi Manajemen Pemerintahan, Keuangan Syariah, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Manajemen Aset, dan Manajemen Pemasaran.
          

Itulah sekilas informasi tentang Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua, terutama yang akan kuliah di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan uatam kita tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru  Politeknik Negeri Bandung (POLBAN).

Pada tahun ini, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) membuka jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur yang dimaksud adalah jalur PMDK Akademik, jalur SMB / jalur Ujian, dan jalur PMDK Bidikmisi.

Persiapkan diri anda untuk sebaik mungkin agar siap menghadapi ujian seleksi pada waktunya nanti. Semoga dengan persiapan yang maksimal, nantinya anda akan mendapatkan hasil yang sesuai harapan anda.

Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk Politeknik Negeri Bandung. Simak pembahasannya berikut ini.

A. Pendaftaran Online Jalur PMDK Akademik POLBAN 2016/2017

PMDK Akademik merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang berprestasi unggul di Sekolahnya. Seleksi PMDK Akademik didasarkan pada nilai raport dan prestasi yang dimiliki oleh calon mahasiswa peserta PMDK.

Pendaftaran diawali oleh Kepala sekolah yang menrekomandasikan siswanya, kemudian siswa tersebut akan diberikan Username dan Password untuk melakukan pendaftaran mandiri ke alamat websitehttp://pmdk.polban.ac.id. Lakukan pengisian data dengan lengkap dan benar. Pilih POLBAN sebagai Politeknik yang anda minati. Jika telah selesai, jangan lupa untuk mencetak kartu tanda  peserta PMDK.

Mengenai biaya pendaftaran, peserta tidak perlu lagi membayar biaya pendaftaran dikarenakan biaya pendaftaran telah dibiayai oleh pemerintah. Ini bisa menghemat sedikit pengeluaran anda.

Jadwal PMDK

  • Pendaftaran PMDK pada 16 Februari - 8 Mei
  • Pengumuman Kelulusan PMDK pada 29 Mei    
Informasi mengenai prosedur pendaftaran, nama-nama Politeknik lain, tata cara pendaftaran, dan hal terkait lainnya bisa anda baca pada website resmi pendaftaran mahasiswa baru POLBAN di atas.

B. Pendaftaran Online Jalur SMB POLBAN 2016/2017

SMB atau Seleksi Masuk Bersama merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada nilai hasil ujian tertulis. Jalur SMB diperuntukan bagi semua lulusan SMA/MA/ Sederajat.

Jadwal Pelaksanaan SMB POLBAN

  • Pendaftaran dilaksanakan pada 1 Juni - 15 Juli
  • Tes Aptitude dilaksanakan pada 31 Juli
  • Tes Tertuls pada 1 Agustus
  • Pengumuman Kelulusan pada 6 Agustus 
Jadwal Pelaksanaan SMB Kelas Khusus D-3 ATMO GMF (Sistem gugur)

  • Pendaftaran dilaksanakan pada 1 Juni - 18 Juni
  • Tes Kemampuan Akademik pada 20 Juni
  • Pengumuman Hasil Tes Kemampuan Akademik pada 21 Juni
  • Tes Bahasa Inggris pada 22 Juni
  • Pengumuman Hasil Tes Bahasa Inggris pada 23 Juni
  • Tes Psikologi pada 24 Juni
  • Pengumuman Hasil Tes Psikologi pada 26 Juni
  • Tes Wawancara Psikologi dan Tes Wawancara User pada 29 Juni - 1 Juli
  • Pengumuman Tes Wawancara User pada 7 Juli
  • Tes Kesehatan pada 8 Juli
  • Pengumuman Kelulusan 13 Juli
C. Pendaftaran Online Bidikmisi POLBAN 2016/2017

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan oleh pemerintah kepada calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi baik ketika masih di Sekolah dan memiliki keterbatasan dalam membiayai perkuliahannya dikarenakan berasal dari keluarga  kurang mampu.

Sekolah memberikan rekomendasi kepada siswanya yang akan mendaftar Bidikmisi. Pendaftaran dilakukan oleh melalui alamat website resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.dikti.go.id. Informasi lain yang berkaitan bisa dibaca pada artikel yang telah admin bahas sebelumnya atau bisa langsung baca dengan klik DISINI.


Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Semoga informasi yang admin berikan bisa memberikan pencerahan kepada anda. Admin juga turut mendoakan agar anda bisa lulus ujian seleksi. Terima kasih atas kesempatan yang anda berikan untuk membaca artikel ini. Salam sukses untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment