Tuesday, December 29, 2015

Pendaftaran Online POLMAN Bandung 2016/2017

Pendaftaran Online POLMAN Bandung 2016/2017

www.polman-bandung.ac.id -- Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung), PendaftaranMahasiswa Baru POLMAN Bandung, Penerimaan Mahasiswa Baru POLMAN Bandung, Informasi Pendaftaran Online POLMAN Bandung, Jalur PMB POLMAN Bandung, Jalur PMDK, Jalur UMPN, Jalur Reguler, Jalur Bidikmisi, 2016/2017.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang informasi jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung). Namun sebelum itu, admin akan mengawali pembahasan kita dengan memberikan ulasan singkat mengenai Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung).

Sekilas Tentang Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung)

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung atau yang disingkat dengan POLMAN Bandung adalah Politernik yang terletak di Kota Bandung, Indonesia, tepatnya di Jl. Kanayakan 21, Dago. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) pada mulanya bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). Nama tersebut diberikan dikarenakan politeknik ini adalah hasil kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia melalui Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Pemerintah Swiss melalui Swiss Contact.

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) merupakan Politeknik pertama di Negara Indonesia yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan atau menerapkan teknologi industri di bidang pembuatan perkakas presisi, perancangan mekanik, pengecoran logam, perawatan mesin produksi dan mekatronika & otomasi industri.

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) memiliki moto yaitu "Presisi Ciri Kami" Politerknik ini telah didirikan pada 24 Maret 1977.

Beberapa Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) yaitu sebagai berikut.
  1. Jurusan Teknik Manufaktur (ME) terdiri dari Program Studi : Teknik Pemeliharaan Mesin (MM), Teknik Pembuatan Perkakas Presisi (TM), dan Teknik Perancangan Perkakas Presisi (TMU).
  2. Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur (DE) terdiri dari Program Studi : Teknik Mekanik Umum (TPMU), dan Teknik Perancangan Mekanik Umum (TPPP).
  3. Jurusan Teknik Pengecoran Logam (FE)  terdiri dari Program Studi Teknik Pengecoran Logam (FE).
  4. Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika (AE) terdiri dari Program Studi Teknik Mekatronika (AE).
  5. Program D4 terdiri dari Program Studi Teknik Mesin dan Manufaktur.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguhfFbJzLKD9S-w67QM7OK47NjvnT64eaFSUuQyYDXS5xrYg1QO8db0CLAbThz-bZWXANcwjySONkocQQWEmsRTwqL_n87dixNpzEhkg7oNKdcc1ki59q3WX4RrO3eEr74Md5n1K3t8xQ/s1600/polman+bdg.jpg   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLpKzy8ttk3tc3QlHLkWeypNpSOHXnvDpEiz245hLpfIG13PVap7inwFnof6URKJem2B9TkMQKMZ784i7OrEaNQGt-kHWwS8_FWwoT9Mio_TZw_UHo-VHCA0f3Kp2j5i1nd1jA3hznhls/s320/polman+bdgg.JPG

Dari beberapa program studi yang ada di Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung), mungkin ada salah satu yang anda minati. Ayu daftarkan diri anda untuk menjadi mahasiswa Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung). Setelah menambah wawasan sedikit tentang Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung), sekarang kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung).

Pada tahun ini, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMDK-PN dan jalur Reguler. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Online Jalur PMDK-PN POLMAN Bandung 2016/2017

PMDK-PN atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang ingin masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia. Seleksi jalur PMDK-PN didasarkan pada nilai raport dan prestasi siswa selama mengikuti pendidikan di SMA / SMK atau sederajat lainnya.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pendaftaran. Pendataran diawali oleh sekolah yang merekomendasikan siswanya melalui website resmi PMDK-PN yaitu www.pmdk.politeknik.or.id. Kemudian Sekolah akan memberikanUsername dan Password kepada siswa.

Siswa menggunakan Username dan Password tersebut untuk login ke PMDK-PN. Setelah login, kemudian isilah data diri dengan lengkap dan benar. Saat memilih Politeknik, terdapat dua pilihan politeknik, Politeknik pertama yang akan menjadi prioritas utama. Anda bisa memilih POLMAN Bandung sebagai Politeknik yang anda minati.

Informasi selengkapnya tentang PMDK-PN bisa anda baca pada artikel yang telah admin bagikan sebelumnya yang berjudul Pendaftaran PMDK-PN. Pada artikel tersebut telah dijelaskan tentang Tata Cara Mengikuti PMDK-PN, Mekanisme Seleksi, Sekolah yang siswanya berhak mengikuti PMDK-PN, Persyaratan Siswa Pelamar, Jadwal Pelaksanaan, Daftar Nama-nama Perguruan Tinggi PMDK Politeknik Negeri di Indonesia.

2. Pendaftaran Online Jalur UMPN (Reguler) POLMAN Bandung 2016/2017

UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur ujian mandiri yang diselenggarkan oleh panitia, dalam hal ini adalah POLMAN Bandung. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di POLMAN Bandung.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website resmi POLMAN Bandung yaitu www.polman-bandung.ac.id dan juga bisa dilakukan secara langsung di kampus POLMAN Bandung pada hari senin sampai jum'at pukul 08.00 - 11.00 WIB dan 13.00 - 15.00 WIB dengan membawa persyaratan soft file foto dengan format jpg berukuran maksimal 1 Mb. 

Biaya ujian dibebankan kepada peserta sebesar Rp. 400.000,00 untuk Program Diploma III (D-3) dan Program Sarjana Terapan (D-4) bagi lulusan SMA atau sederajat. Sedangkan biaya ujian seleksi untuk Program Diploma IV (D-4) bagi lulusan D-3 Rekayasa sebesar Rp 450.000,00.

Persyaratan umum dan jadwal Pelaksanaan Ujian untuk Program Diploma III (D-3) dan Program Sarjana Terapan (D-4) (bagi lulusan SMA atau sederajat) serta Program Diploma IV (D-4) (bagi lulusan D-3 Rekayasa) akan dijelaskan berikut ini.

A. Pendaftaran Online Program Diploma III (D-3) dan Program Sarjana Terapan (D-4) bagi lulusan SMA atau sederajat

Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki Ijazah SMA/SMK/MA/MAK
  • Berusia maksimal 25 tahun pada bulan Juni 2016
  • Bagi lulusan tahun 2016, harus memiliki surat tanda kelulusan atau surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  • Tidak buta warna
Jadwal Pelaksanaan Ujian Tahap 1
  • Pendaftaran pada 22 April - 3 Juni
  • Ujian dilaksanakan pada 6 Juni
  • Materi Ujian : Matematika, Fisika, Bahasa Inggris dan Skolastik.
  • Pengumuman hasil seleksi pada 9 Juni
Jadwal Pelaksanaan Ujian Tahap 2 (Bagi yang lulus tahap 1)
  • Pendaftaran pada 10 - 12 Juni.
  • Ujian dilaksanakan pada 15 - 16 Juni 
  • Materi Ujian : Tes Kesehatan, Kebugaran, dan wawancara
  • Pengumuman hasil seleksi pada 19 Juni
B. Pendaftaran Online Program Diploma IV (D-4) bagi lulusan D-3 Rekayasa

Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia
  • Berbadan dan berjiwa sehat
  • Memiliki Ijazah Diploma 3 bidang Rekayasa
  • Berusia maksimal 30 tahun pada bulan Juni 2016
  • Tidak buta warna
Jadwal Pelaksanaan

  • Pendaftaran pada 22 April - 3 Juni
  • Ujian dilaksanakan pada 6 Juni
  • Materi ujian : Matematika Teknik, Pengetahuan Kejuruan, dan Skolastik
  • Pengumuman pada 9 Juni.
3. Pendaftaran Online Jalur Bidikmisi POLMAN Bandung 2016/2017

Bidikmisi adalah biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke Pergurunan Tinggi. Calon mahasiswa yang demikian mendapat kesempatan untuk mengikuti Program Bidikmisi.

Pendaftaran dimulai oleh sekolah yang merekomendasikan siswanya. Kemudian siswa melakukan pendaftaran melalui website resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.dikti.go.id. Informasi selengkapnya mengenai jadwal, persyaratan, tata cara, kuota dan hal terkait lainnya bisa dibaca pada artikel kami yang berjudulPanduan Pendaftaran Online Bidikmisi.

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini. Semoga informasi tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru POLMAN Bandung tersebut bisa memberikan pencerahan kepada anda semua. Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi. Terima kasih telah membaca artikel ini. Salam sukses untuk kita semua.


No comments:

Post a Comment