Tuesday, December 29, 2015

Pendaftaran Online Politeknik Negeri Jakarta 2016/2017

Pendaftaran Online Politeknik Negeri Jakarta 2016/2017

www.penerimaan.pnj.ac.id -- Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Informasi Pendaftaran Online Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Jalur Masuk Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Jalur PMDK-PN, Jalur UMPN, Jalur WNBK, Jalur Bidikmisi, 2016/2017.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan akan melanjutkan pembahasan tentang pendaftaran online yang ada di Indonesia. Kali ini, admin akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Mengawali pembahasan kita, admin akan mengajak anda untuk memahami sedikit mengenai Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Sekilas Tentang Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

Politeknik Negeri Jakarta atau yang disingkat dengan PNJ adalah Perguruan Tinggi Negeri yang lingkungan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Indonesia. Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memiliki moto yaitu "Menjadi Politeknik Unggul Berkelas Dunia Pada Tahun 2029". Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) telah didirikan pada 20 September 1982.

Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yaitu sebagai berikut :
  1. Jurusan Teknik Sipil terdiri dari Diploma III dan Diploma IV / Sarjana Terapan. Diploma III terdiri dari Program Studi Konstruksi Gedung, Konsentrasi Manajemen Konstruksi, dan Program Studi Konstruksi Sipil. Diploma IV / Sarjana Terapan terdiri dari Program Studi Perancangan Jalan dan Jembatan, dan Konsentrasi Jalan Tol (Kerjasama dengan PT. Jasa Marga).
  2. Jurusan Teknik Mesin terdiri dari Diploma III dan Diploma IV / Sarjana Terapan. Diploma III terdiri dari Program Studi Teknik Mesin, Program Studi Tekik Konversi Energi, dan Program Studi Alat Berat. Diploma IV / Sarjana Terapan terdiri dari Program Studi Manufaktur dan Program Studi Pembangkit Tenaga Listrik.
  3. Jurusan Teknik Elektronika terdiri dari Diploma III dan Diploma IV / Sarjana Terapan. Diploma III terdiri dari Program Studi Teknik Listrik, Program Studi Teknik Elektronika Industri, dan Program Studi Teknik Telekomunikasi. Diploma IV / Sarjana Terapan terdiri dari Program Studi Instrumentasi dan Kontrol Industri, Program Studi Broadband Multimedia, dan Program Studi Teknik Otomasi Listrik Industri.
  4. Jurusan Teknik Informatika dan Komputer terdiri dari Diploma IV / Sarjana Terapan
     dengan Program Studi Teknik Informatika, Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan, dan Konsentrasi Teknik Multimedia dan Jaringan.
  5. Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan terdiri dari Diploma III dengan Program Studi Teknik Grafika dan Konsentrasi Desain Grafis.
  6. Kerjasama dengan B2PKLN (BLK Cevest Bekasi) terdiri dari Diploma III dan Diploma IV / Sarjana Terapan. Diploma III terdiri dari Program Studi Teknik Mesin, Konsentrasi Teknik Otomotif, Program Studi Teknik Elektronika, dan Program Studi Teknik Listrik. Diploma IV / Sarjana Terapan terdiri dari Program Studi Teknik Informatika.
  7. Kerjasama dengan Asia e-University Malaysia terdiri dari Diploma IV / Sarjana Terapan dengan Program Studi Teknik Informatika, Konsentrasi Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Konsentrasi Teknologi Komputer Jaringan.
  8. Jurusan Akuntansi terdiri dari Diploma III dan Diploma IV / Sarjana Terapan. Diploma III terdiri dari Program Studi Akuntansi, dan Program Studi Keuangan & Perbankan. Diploma IV / Sarjana Terapan terdiri dari Program Studi Akuntansi Keuangan, Program Studi Keuangan dan Perbankan, Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah, dan Program Studi Manajemen Keuangan.
  9. Jurusan Administrasi Niaga terdiri dari Diploma III dan Diploma IV / Sarjana Terapan. Diploma III terdiri dari Program Studi Administrasi Bisnis. Diploma IV / Sarjana Terapan terdiri dari Program Studi MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Events) dan Program Studi Administrasi Bisnis.
  10. Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan terdiri dari Diploma III dengan Program Studi Penerbitan (Jurnalistik).
  11. Program Inklusi (Untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus) terdiri dari Diploma III dengan program Manajemen Pemasaran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZ8VjvLesDnMSPXK8KLaV5gbEt6ODlKH54oVyf191f6cC_0DZcgkQfHkMCIe_ci6BB9wGRvEoX-DwtLW-agrpgPSiJQryeJe93Gw4S2ggo7wcntCMSQRM7gk3dFgor3hhpeeQSvjMi29c/s200/pnjjjj.jpg   https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXsbGoXLZPsnmdo8pfLiJUR-43Y__aNdqByXZDRmTb4Oloz0BIlncQNT7mwN_AbX-5cHBb2yOj5sFtKda_orpGTYFPmow7_nP51QdF3-u7vn9Icwr5MuHaPrMe2fSq44t9X-8FN8cPEQw/s320/pnjjj.jpg

Itulah sekilas informasi tentang Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda dalam menambah wawasan. Mungkin dari beberapa program studi yang telah disebutkan ada salah satu yang anda minati. Oleh karena itu, silakan anda mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Pada tahun ini, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) membuka banyak jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut adalah Jalur PMDK-PN, Jalur UMPN, Jalur Ujian / Tes Tertulis, Jalur WNBK, dan Jalur Bidikmisi.

Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur yang telah disebutkan di atas. Simak selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran Online Jalur PMDK-PN PNJ 2016/2017

PMDK-PN merupakan jalur seleksi nasional yang didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai raport siswa serta prestasi lainnya. Jalur ini hampir sama dengan SNMPTN. Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, tetapi jalur PMDK-PN ini dikhususkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke Politeknik Negeri di Indonesia.

Pendaftaran dimulai oleh Kepala sekolah yang mendaftarkan siswanya. Kemudian akan mendapatkanUsername dan Password yang diberikan kepada siswa. Kemudian siswa melakukan sendiri pendaftaran ke website resmi PMDK-PN yaitu 
www.pmdk.politeknik.or.id. Siswa login menggunakan Username danPassword yang diperoleh dari kepala sekolah. Setelah login siswa kemudian melakukan pengisian data secara lengkap. Saat memilih Politeknik, maka bisa memilih Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) sebagai Politeknik yang diminati.

Informasi selengkapnya tentang jadwal, prosedur, tata cara pendaftaran, persyaratan dan hal terkait lainnya bisa dibaca pada alamat website yang telah admin berikan di atas, atau bisa klik 
DISINI.

B. Pendaftaran Online Jalur UMPN PNJ 2016/2017

Jalur UMPN merupakan jalur tes tertulis yang diadakan secara bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia. Jalur UMPN ini merupakan jalur mandiri yang dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada putra putri indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Jalur ini bisa sebut sebagai jalur alternatif bagi anda yang tidak lulus jalur PMDK-PN.

Jadwal Pelaksanaan

  • Pendaftaran online : 11 Mei - 6 Juni
  • Ujian tertulis : 13 Juni
  • Pengumuman lulus ujian : 22 Mei
  • Registrasi ulang : 26 Juni - 3 Juli
  • Pengumuman cadangan 1 : 6 Juli
  • Registrasi ulang : 6 - 8 Juli
C. Pendaftaran Online Jalur Bidikmisi PNJ 2016/2017

Bidikmisi merupakan biaya bantuan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Program Bidikmisi untuk Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) pendaftarannya sedikit berbeda dengan Perguruan Tinggi lainnya. Pendaftarannya tidak menggunakan sistem nasional, tetapi menggunakan sistem mandiri. Peserta Bidikmisi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) langsung mendaftarkan diri ke alamat website resmi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yaitu http//penerimaan.pnj.ac.id.

Jadwal Pelaksanaan

  • Pengiriman Surat dan User ID ke sekolah : 16 - 20 Februari
  • Pendaftaran online : 23 Februari - 23 Maret
  • Pengumuman Nominator : 1 - 10 April
  • Wawancara dan Verifikasi : 24 - 26 April
  • Pengumuman Kelulusan : 19 Mei
D. Pendaftaran Online Jalur WNBK PNJ 2016/2017

Pendaftaran Mahasiswa jalur Warga Negera Berkebutuhan Khusus (WNBK) Program Studi D3 Manajemen Pemasaran bisa datang langsung ke Politeknik Negeri Jakarta (PNJ).

Persyaratan Pendaftaran 
  • Lulus SMA atau sederajat.
  • Menyerahkan Lembar Asessment yang telah diisi oleh orang tua, Guru dan Mahasiswa.
  • Menyerahkan berkas Medical Record (merupakan hasil diagnosa dari dokter tentang disability calon mahasiswa).
  • Menyerahkan STTB, NEM dan Raport (fotocopy yang telah dilegalisir).
  • Foto berwarna ukuran 4 x 6, 3 x 4, dan 2 x 3, masing-masing sebanyak 4 Lembar.
Tes yang diujikan terdiri dari tes praktik, tes wawancara, dan tes ujian tertulis. Berikut penjelasannya.

Materi Tes Praktik
  • Typing Master, yaitu mengetik dengan test yang telah tersedia dalam waktu 2 menit.
  • Menceritakan gambar, yaitu diberikan gambar lalu menjelaskan/menceritakan tentang gambar tersebut.
  • Tes IQ dasar di komputer.
  • Psikotest, test klinis dewasa gestalt ditunjukan gambar lalu meniru gambar tersebut.
Materi Tes Wawancara
  • Wawancara kepada mahasiswa (Lifeskill, Communicative Skill, Toiletting)
  • Wawancara kepada orang tua (mengenai kegiatan dan perilaku sehari-hari)
Materi Tes Tulis
  • Matematika : Kisi-kisi tes tentang penjumlahan, pengurangan, pembagian, pengalian, soal cerita.
  • Bahasa Inggris : Kisi-kisi tes tentang basic grammar, wacana, vocabularry.
  • Bahasa Indonesia :Kisi-kisi Tes tentang Pantun, Peribahasa, Soal cerita.
  • Pengetahuan Umum : Kisi-kisi Tes tentang politik, kepulauan, suku.
Jadwal Pelaksanaan
  • Pendaftaran pada 12 Mei - 07 Juni
  • Tes Praktik dilaksanakan pada tanggal 8 - 9 Juni
  • Tes wawancara dilaksanakan pada 10 - 11 Juni
  • Tes tulis dilaksanakan pada 13 Juni
  • Pengumunan Hasil Seleksi pada 22 Juni
Sekretariat Pendaftaran Politeknik Negeri Jakarta
Jln. Prof. Dr. Siwabessy, Kampus Universitas Indonesia - Depok
Gedung Kearsipan (Gd. BB) Lantai I Politeknik Negeri Jakarta

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Semoga informasi yang admin berikan bisa memberikan pencerahan kepada. Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi. Terima kasih admin ucapkan atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Salam sukses untuk semua.

No comments:

Post a Comment